logoblog

Perayaan maulid nabi unik di berbagai daerah di indonesia dan dunia


Perayaan maulid nabi unik di berbagai daerah di indonesia dan dunia 

perayaan maulid nabi muhamad akan di peringati pada tanggal 3 januari 2015 ,terlepas dari pro-kontra apakah perayaan maulid nabi dibenarkan atau tidak, peringatan maulid nabi kerap dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Peringatan Maulid Nabi di nusantara sendiri menjadi tradisi yang berakulturasi dengan budaya setempat yang tak jarang mengundang pesona bagi turis dan masyarakat sekitar. Tujuannya tentu saja untuk semakin meningkatkan keimanan dan kecintaan kita sebagai umat muslim kepada nabi besar kita Muhammad saw.


Perayaan maulid nabi unik di berbagai daerah di indonesia dan dunia

Perayaan maulid nabi unik di berbagai daerah di indonesia dan dunia
maudu lompoa

salah satunnya di yogyakarta yang biasa di sebut grebeg maulid yaitu suatu acara yang di adakan oleh pemerintah kota yogyakarta yaitu sebuah acara iring iringan gunungan makanan yang di arak menuju keraton yogya .

ada juga perayaan di daerah di cikoang sulawesi selatan yang di sebut dengan maudu lompoa merupakan perpaduan dari unsur atraksi budaya dengan ritual-ritual keagamaan yang digelar setiap tahun di Bulan Rabiul Awal berdasarkan Kalender Hijriyah yakni untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sebelum mencapai puncak perayaan Maulid yang dikenal dengan nama Maudu Lompoa itu, dibutuhkan persiapan selama 40 hari. Persiapan diawali dengan je’ne-je’ne Sappara (mandi pada bulan Syafar) oleh masyarakat setempat dipimpin sesepuh atau guru adat.

Pada hari H masyarakat Cikoang yang berpakaian adat berjalan beriringan sambil membawakan anyaman dan memikul julung-julung terhias indah dengan kertas male. Julung-julung diperebutkan berisi telur hias, ayam, beras dimasak setengah matang, beras ketan, mukena, kain khas Sulawesi serta aksesoris lainnya. Agar lebih indah, julung-julung dilengkapi dengan kibaran kain khas Sulawesi warna-warni bak bendera terpasang di atas perahu. Julung-julung diletakkan di depan semua orang.